Sabtu, 19 Desember 2015

Menulislah Saat Ini Juga! (Hari ke #19 - #31DWC)


Banyak orang yang ingin jadi seorang penulis, tapi anehnya mereka selalu saja banyak alasan dan juga banyak mengeluh. Yang sebenarnya, alasan dan keluhannya itu hanyalah untuk menutupi kemalasannya saja dalam praktik menulis. Padahal rahasia jadi penulis itu syaratnya cuma ada 2 saja,  yaitu “banyak membaca buku dan praktik menulis setiap hari”.


Semakin kamu banyak membaca buku, maka semakin banyak kosa kata dan stok ide tulisan yang akan kamu miliki dipikiranmu. Dan semakin sering kamu praktik menulis setiap hari, maka lama kelamaan pasti tulisanmu akan semakin bagus dan enak dibaca.


Banyak alasan dan banyak mengeluh dalam menulis, contohnya seperti ini : “Menulis itu sulit”,  “saya gak punya bakat menulis”. “saya gak punya ide tulisan”, “saya gak ada waktu untuk menulis”, “saya sibuk bekerja/kuliah/sekolah”, “ saya gak punya komputer/laptop”, “saya gak punya mentor menulis”. dll


Taukah kamu?  Bahwa semakin sering kamu banyak alasan/banyak mengeluh, maka saya jamin 100% pasti kamu akan semakin MALAS untuk menulis. Kalau sudah malas menulis, akibatnya kamu akan sering menunda-nunda untuk menulis. Menunda menulis di hari ini, besok ditunda lagi dan akhirnya tidak ada satupun tulisan yang akan kamu hasilkan.


Menulislah saat ini juga! Jangan suka banyak alasan dan jangan banyak mengeluh. Kalau kamu berpikir bahwa menulis itu sulit, maka ubahlah mindset/cara berpikirmu menjadi “menulis itu mudah dan menyenangkan.” 


Menulis itu tidak perlu bakat menulis, menulis itu adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan dilatih. Ide tulisan itu ada dimana-mana, kamu tinggal menjemputnya saja. Apa yang kamu lihat dan kamu dengar itu juga bisa menjadi ide tulisan.


Semua orang diberi waktu yang sama 24 jam dalam sehari, maka aturlah waktumu dengan baik untuk menulis. Sibuk bekerja/kuliah/sekolah bukanlah halangan untuk menulis, menulislah saat kamu sudah berada di rumahmu. 


Jangan jadikan alasan kalau kamu belum punya komputer/laptop untuk mulai menulis, kamu bisa menulis di warnet atau menulis dibuku tulis kamu. Kalau kamu tidak sanggup membayar mentor menulis, maka bacalah buku-buku yang ditulis oleh mentor menulis tersebut.


*Intinya adalah kalau kamu ingin jadi penulis, maka janganlah kebanyakan mikir, jangan kebanyakan alasan dan juga jangan kebanyakan mengeluh. Kalau mau menulis, maka menulislah saat ini juga!



Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Sabtu 19 Desember 2015 , Jam 23.02 WIB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...