Rabu, 02 Desember 2015

Apakah Saya Bisa Menulis Setiap Hari? (Hari ke #2 - #31DWC)


“Berani gak ya saya ikut tantangan menulis selama #31 hari?”, “Bisa gak ya saya menulis setiap hari? “.  Itulah kata-kata yang sering diucapkan oleh teman-teman saya, ketika saya ajak mereka untuk ikut tantangan menulis selama #31 hari tanpa henti. Sebenarnya, tantangan terberat menulis setiap hari itu justru dari dalam diri kamu sendiri, yaitu ketakutan yang berlebihan, kebanyakan alasan dan suka menunda-nunda menulis.


Ketakutan/kekhawatiran yang berlebihan itu contohnya adalah “saya gak ada waktu menulis”, “saya sibuk bekerja/kuliah/sekolah”, “saya gak punya ide tulisan”, dll. Kebanyakan alasan , contohnya : “saya gak punya bakat menulis”, “saya bingung mau menulis apa?”, “tulisan saya jelek”, dll. Dan yang paling sering di alami oleh orang yang ingin menulis setiap hari adalah “suka banget menunda-nunda” untuk menulis.   *termasuk saya....hehehe J


Taukah kamu, bahwa kalau kamu suka menunda-nunda menulis di hari ini, maka pasti besoknya kamu akan semakin MALAS untuk menulis. Kemalasan menulis itu selalu diawali dari menunda-nunda menulis. Oleh karena itu, jika kamu ingin bisa konsisten menulis setiap hari, maka yang harus kamu lakukan di hari ini adalah “menulislah sekarang juga!” Gak pakai TAPI/banyak alasan dan juga gak pakai NANTI/suka menunda-nunda.


Oh ya, biar kamu mudah untuk menulis setiap hari, maka hari ini saya akan share/bagikan 3 cara paling mudah untuk bisa konsisten menulis setiap hari. Caranya sangat sederhana dan kamu pasti bisa segera mempraktekkannya.


#1. Buatlah Jadwal Menulis (waktu terbaik kamu menulis)

Setiap manusia diberikan waktu yang sama oleh Tuhan yaitu 24 jam dalam satu hari dan 7 hari dalam satu minggu. Kalau kamu suka beralasan bahwa “saya tidak punya waktu menulis”, itu artinya kamu tidak bisa mengatur waktumu dengan baik. Maka mulai hari ini, aturlah waktumu sebaik mungkin. Tentukan waktu terbaik menulis kamu, bisa pagi hari sehabis subuh ataupun malam hari sebelum tidur.


Mengapa harus membuat jadwal menulis? Karena jadwal menulis itu membuat kamu bisa mengatur waktu dengan baik. Tanpa ada jadwal menulismu sendiri, maka kamu akan selalu malas untuk menulis. Setelah jadwal menulis kamu buat, maka langkah selanjutnya adalah “disiplin” mematuhi jadwal menulismu. Kalau jadwal menulismu pagi hari/malam hari, maka kamu harus “paksakan dirimu” untuk menulis hari itu juga. Minimal menulislah selama 1-2 jam saja itu sudah cukup.


#2. Buatlah Rencana Judul Tulisan

Karena ini adalah tantangan menulis selama #31 hari, maka tulislah rencana judul tulisanmu sebanyak #31 hari. Namanya “rencana judul”, bisa jadi judul beneran, atau bisa juga nanti berubah judulnya. Tujuan menulis rencana judul adalah agar kamu lebih mudah untuk MULAI menulis. Biasanya kalau sudah ada judul tulisannya, maka kamu jadi mudah untuk merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Kalau sudah jadi kalimat, maka kamu juga akan mudah menulis menjadi satu paragraf.  


Kalau menulis rencana judul tulisan sebanyak #31 itu menurutmu terlalu banyak dan bikin pusing kepala kamu. Maka kamu boleh kok menulis #10 judul tulisan terlebih dulu. Sisanya nanti ditulis setelah kamu menyelesaikan #10 tulisanmu.  Sebenarnya tak usah pusing memikirkan judul tulisan apa yang ingin kamu buat, tapi tulis saja apa yang sedang kamu PIKIRKAN saat ini. Atau tulis saja apa yang sedang kamu RASAKAN saat ini. Kemudian jadikan judul tulisan.


#3. Menulislah Sekarang Juga!

Kalau kamu di hari ini sudah membuat jadwal menulis dan sudah membuat rencana judul tulisan selama #31 hari, maka langkah selanjutnya adalah mulai PRAKTEK menulis alias “menulislah sekarang juga! Menulislah sesuai jadwal waktu menulismu yang sudah kamu buat. Menulislah sesuai judul tulisan yang sudah kamu tulis. Dan yang paling penting adalah menulislah dengan hati yang gembira dan bahagia.


Jika jadwal menulislah dipagi hari, maka segeralah mulai menulis di pagi hari itu juga. Jangan menunggu waktu siang untuk mulai menulis, karena menunda-nunda menulis hanya akan membuat kamu semakin malas untuk menulis. Jika jadwal menulismu dimalam hari, maka segeralah mulai menulis dimalam hari itu juga. Jangan menunggu sampai tengah malam sekitar jam 23.30(setengah 12 malam) baru kamu mulai menulis. Karena biasanya jam segitu, mata kamu sudah mengantuk dan saat kamu menulis, pasti akan terburu-buru, karena waktumu sudah hampir habis.  



*Rahasia penulis hebat itu cuma ada 2 saja yaitu banyak MEMBACA BUKU dan praktek MENULIS SETIAP HARI. (Dani Kaizen)  J


Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Rabu 02 Desember 2015, Jam 22.03 WIB 


*Sumber Gambar : http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/2015/11/menulis-setiap-hari-30dwc-hari-ke-20.html


2 komentar:

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...