Jumat, 25 Desember 2015

Bagaimana Cara Menulis Paragraf Pertama? ( Hari ke #25 - #31DWC)


Setelah kemarin saya membahas tentang pentingnya sebuah “judul tulisan”, hari ini saya akan menulis tentang pentingnya menulis “paragraf pertama” yang menarik bagi pembaca. Dalam menulis sebuah tulisan/artikel, paragraf pertama itu sangat penting. Karena dari membaca paragraf pertama saja, orang lain bisa langsung berhenti membaca tulisan tersebut. Atau bisa juga melanjutkan membacanya sampai akhir tulisan.


Menulis paragraf pertama itu bagi seorang penulis pemula adalah kesulitan pertama dalam membuat sebuah tulisan. Karena biasanya, menulis paragraf pertama itu membutuhkan waktu yang paling lama dan juga terkadang bikin pusing kepala. Loh kok bisa bikin pusing kepala? Ya jelas pusing, waktu menulisnya terkadang sudah hampir setengah jam, tapi paragraf pertama tidak kelar-kelar(baca: selesai).


Apakah kamu masih sering sulit menulis paragraf pertama? Sama dong kayak saya....hehehe......saya juga terkadang bingung menulis paragraf pertama, tapi setelah mengalami berbagai macam “halangan dan rintangan’(lebay banget), akhirnya saya punya tips sederhana agar kamu bisa menulis paragraf pertama dengan mudah dan cepat. Setelah kamu bisa menulis paragraf pertama dengan mudah, maka selanjutnya menulis paragraf ke 2,3,4,5,6,7 dst akan menjadi lancar dan mengalir.


Cara Menulis Paragraf Pertama :

#1. Tulislah Kutipan/Quotes

Kutipan/Quotes atau kata-kata mutiara dari tokoh popular sangat bagus untuk mengawali tulisan kamu. Karena kata-kata mereka sangat inspiratif dan memotivasi bagi para pembaca. Kalau dalam dunia tulis menulis, kutipan yang paling sering jadi pembuka paragraf pertama adalah kutipan dari Pramoedya Ananta Toer.  

Inilah contoh kutipannya :

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” (Pramoedya Ananta Toer)

*selain kutipan dari tokoh popular, kamu juga bisa menulis kutipan dari ayat kitab suci.



#2. Buatlah Sebuah Pertanyaan

Saya paling sering menulis paragraf pertama dengan sebuah pertanyaan kepada para pembaca. Pertanyaan ini biasanya adalah pertanyaan-pertanyaan yang sederhana yang sering jadi pertanyaan kamu selama ini. Kalau dalam dunia tulis menulis, contoh pertanyaannya adalah : “Apakah kamu ingin jadi seorang penulis?”, “ Apakah kamu ingin konsisten menulis setiap hari?”, “Bagaimana mencari ide tulisan?”, “Bagaimana menulis judul tulisan yang menarik?”  dll

 *buatlah pertanyaan-pertanyaan yang sering di alami oleh kebanyakan manusia, kemudian tulislah solusinya...... J



~Selamat Menulis~


Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Jum’at 25 Desember 2015, Jam 23.26 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...