Kamis, 17 Desember 2015

Makanan Utama Seorang Penulis (Hari ke #17 - #31DWC)


Setiap makhluk hidup didunia ini, pasti memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Manusiapun harus makan setiap hari, agar bisa bertahan hidup dan mempunyai tenaga untuk beraktifitas sehari hari. Kalau satu hari saja tidak makan, maka tubuh kita akan lemas dan tak bertenaga. Begitupun  juga bagi para penulis, mereka memerlukan “makanan” agar bisa menulis dengan lancar dan semangat. Apakah makanan utama seorang penulis?


Makanan utama seorang penulis adalah MEMBACA BUKU. Ya benar, membaca buku. Seorang penulis itu wajib membaca buku, karena dengan banyak membaca buku, maka otomatis akan banyak stok ide tulisan dalam pikiran kamu. Membaca buku membuat pikiran kamu menjadi terbuka/openmind terhadap berbagai perbedaan sudut pandang banyak orang. Membaca buku juga akan membuat kamu lebih mudah merangkai sebuah kalimat ketika kamu sedang menulis.


*Pertanyaannya sekarang adalah : Kapan membaca bukunya? Dimana membaca bukunya? Berapa jam membaca buku? Buku-buku apa saja yang harus dibaca? Berapa hari membaca bukunya?


Kapan Membaca Bukunya?

Waktu membaca bukunya terserah kamu, pokoknya luangkanlah waktumu untuk membaca buku. Membaca buku bisa dilakukan sebelum tidur atau setelah bangun dari tidur. Atau bisa juga saat kamu sedang istirahat atau sedang menunggu sesuatu/seseorang.


Dimana Membaca Bukunya?

Kamu bisa membaca buku dimana saja, pilihlah tempat yang paling kamu sukai. Kamu bisa membaca dikamar tidur, diruang tamu, diperpustakaan, di alam terbuka(sawah, kebun, pantai,taman dll).


Berapa Jam Membaca Buku?

Membaca buku yang efektif  menurut saya adalah minimal 1-2 jam, kalau lebih dari 2 jam juga boleh, malah lebih baik. Yang penting adalah ada waktu “jeda” atau istirahatnya, biar mata tidak cepat lelah. Misalnya kamu sudah membaca buku 1 jam, kemudian istirahat 5-10 menit. Kalau sudah istirahat, maka dilanjutkan lagi membaca bukunya.


Buku-Buku Apa Saja Yang Harus di Baca?

Tidak semua buku harus kamu baca, bacalah hanya buku-buku yang berkualitas dan bermanfaat saja. Buku-buku yang berkualitas dan bermanfaat adalah buku-buku yang bisa meng-inspirasi dan bisa membuat kehidupanmu menjadi lebih baik. Contonya adalah buku pengembangan diri/motivasi, buku biografi orang-orang sukses, buku cerita-cerita inspiratif, buku bisnis/penjualan, buku/novel-novel best seller dll.


Berapa Hari Membaca Bukunya?

Membaca buku harus dilakukan setiap hari, pokoknya tiada hari tanpa membaca buku. Bacalah bukunya dengan cara yang santai saja, jangan membaca buku secara cepat/ngebut. Nikmati saja saat membaca bukunya. Dan garis bawahi dengan pena warna merah ketika kamu menemukan kalimat yang bermakna saat kamu membaca buku tersebut. Tujuannya adalah agar kalimat tersebut mudah dicari, saat kamu nanti membutuhkannya.



*Ingatlah, makanan utama seorang penulis adalah MEMBACA BUKU. Bacalah buku setiap hari dan kemudian ikatlah dengan menuliskannya.



Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Kamis 17 Desember 2015, Jam 23.51 WIB





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...