Minggu, 27 Desember 2015

3 Cara Belajar Menulis (Hari ke #27 - #31DWC)



Cara belajar menulis ada bermacam-macam, setiap orang tidak sama cara belajarnya. Ada yang belajar menulis secara otodidak/belajar sendiri dan ada juga yang belajar menulis dengan seorang mentor/pelatih penulis. Kalau kamu hari ini ingin belajar menulis, maka dibawah ini saya akan share/bagikan 3 cara belajar menulis yang bisa segera kamu praktekkan.


Sebelum saya share/bagikan 3 cara belajar menulis, saya ingin kamu tahu bahwa belajar menulis itu tidak bisa sekali langsung jadi(baca : tulisan yang bagus). Belajar menulis itu harus melalui proses yang panjang dan lama. Banyak halangan dan rintangan yang akan kamu hadapi nantinya. Dibutuhkan mental yang kuat, agar kamu tidak cepat putus asa dan menyerah ditengah jalan.


Apa sih yang harus dibutuhkan seseorang jika ingin belajar menulis?


Yang pertama adalah “niat”, kamu harus punya niat yang baik,  agar kedepannya nanti  hasilnya  juga akan baik. Setelah ada niat, langkah selanjutnya adalah action alias “praktek menulis”, dan lakukanlah dengan konsisten untuk menulis setiap hari.  Kemudian yang paling penting adalah  “menikmati prosesnya”, jangan terburu-buru ingin menjadi penulis yang hebat dan terkenal. Tapi nikmatilah saja proses kamu dalam belajar menulisnya. Menulislah dengan hati bahagia. Menulislah hal-hal kebaikan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan juga bagi orang lain.


Oke teman-teman,  inilah 3 cara belajar menulis yang bisa segera kamu praktekkan :

#1. Belajar Menulis Dengan Menulis

Apa sih maksudnya “belajar menulis dengan menulis?”, maksudnya adalah kamu belajar menulis dengan cara langsung PRAKTEK MENULIS.  Kamu tidak usah mengetahui dulu teknik-teknik menulis yang  rumit dan susah. Kamu tulislah saja, apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan saat ini. Menulislah secara bebas, tak perlu pusing dengan kosa kata kamu yang tidak sesuai dengan bahasa yang baku. Pakailah saja gaya bahasa yang sering kamu gunakan  sehari-hari. Pokoknya intinya adalah menulis, menulis dan terus menulis.



#2. Belajar Menulis Dengan Membaca

Makna dari “belajar menulis dengan membaca” adalah kamu belajar menulis melalui buku-buku yang sudah kamu baca selama ini. Sebelum kamu praktek menulis, kamu harus membaca dulu buku-buku tentang tips menulis dari para penulis yang sudah terkenal. Dari membaca buku-buku tersebut, maka kamu akan lebih paham dan mengerti bagaimana cara menulis yang benar dan baik. Dan ketika kamu sudah membaca buku tersebut, hal yang paling penting adalah segera mulai praktek menulis.  *Menulislah sekarang juga!



#3. Belajar Menulis Dengan Mentor Penulis

Kalau kamu ingin cepat menguasai teknik menulis yang benar dan baik. Maka saya sarankan, belajarlah menulis secara langsung  kepada orang yang sudah terbukti menjadi seorang penulis yang terkenal. Penulis terkenal disini maksudnya adalah penulis tersebut sudah menerbitkan banyak buku dan buku-bukunya juga banyak yang menjadi buku best seller. Dengan belajar kepada seorang mentor/pelatih penulis, maka waktu belajar menulismu lebih cepat dan juga hasilnya lebih bagus dari belajar secara otodidak/belajar sendiri.




*Kalau kamu punya impian jadi seorang penulis, maka belajar menulislah mulai hari ini juga. Banyak-banyaklah membaca buku dan konsistenlah untuk praktek menulis setiap hari. J



Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Minggu 27 Desember 2015 , Jam 18.58 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...