Kamis, 10 Desember 2015

7 Alasan Mengapa Orang Lain Malas Membaca Tulisanmu (Hari ke #10 - #31DWC)



Menulis itu memang mudah, kalau hanya sekedar menulis saja. Tapi kalau kamu ingin membuat tulisanmu menjadi bagus , menarik dan ENAK dibaca oleh para pembaca, maka itu tidaklah mudah. Karena sampai hari ini, masih banyak para “penulis pemula” yang melakukan banyak kesalahan fatal dalam menulis, tapi dia sering tidak menyadarinya.


Ketika kamu melakukan kesalahan fatal dalam menulis, maka itu akan membuat tulisanmu menjadi “hambar” (baca : gak ada rasanya), sehingga orang lain tidak merasakan NIKMAT saat membaca tulisanmu. Membaca tulisanmu hanya bikin mata cepat perih dan lelah, serta membuat kepala jadi pusing 7 keliling lapangan sepak bola.......capeeee deeeehhh. Kalau sudah begitu, orang-orang jadi malas membaca tulisanmu yang berikutnya.


Apa saja sih alasan orang-orang menjadi malas membaca tulisan kamu?
Oke, saya akan jelaskan 7 alasan yang sering membuat orang lain MALAS membaca tulisanmu. Baca dengan teliti, pahami dan segera perbaiki tulisanmu setelah kamu menyelesaikan membaca artikel di blog ini :



#1. Judul Tulisannya Tidak Menarik

Taukah kamu? Sebuah judul itu sangat penting sekali dalam sebuah tulisan. Kenapa sangat penting? Karena judul adalah “pintu masuk” dari sebuah tulisan. Judul juga adalah tulisan paling pertama yang dibaca oleh pembaca. Jika judulnya saja sudah tidak menarik dan biasa saja, maka pastinya orang akan enggan membaca tulisan selanjutnya. Oleh karena itu tulislah judul yang menarik dan membuat orang penasaran untuk membacanya.



#2. Paragraf  Pertama  Biasa Saja

Setelah judul yang menarik yang bisa membuat orang ingin dan penasaran membaca tulisan kamu. Selanjutnya hal yang penting dalam sebuah tulisan adalah paragraf pertama. Mengapa paragraf pertama itu penting? Karena paragraf pertama itu akan sangat menentukan bagi pembaca, apakah ia akan terus membaca tulisan berikutnya atau malah justru berhenti membacanya.

Jika paragraf pertama tulisanmu, biasa saja dan tidak menarik sekali, pastinya orang akan malas membaca paragraf selanjutnya. Tapi jika paragraf pertamanya bagus dan menarik, orang pasti akan dengan senang hati membaca paragraf berikutnya.



#3. Paragrafnya Terlalu Gendut alias Panjang

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh para penulis pemula,namun sering tidak disadarinya. Mereka menulis paragrafnya terlalu “gendut ” alias puanjaaaaannngg pake bangeeet. Taukah kamu? bahwa menulis paragraf terlalu panjang akan membuat orang lain malas membaca tulisanmu. Karena itu akan membuat mata pembaca cepat perih dan sakit, serta membuat kepala jadi pusing tujuh keliling.



#4. Spasi Antar Paragrafnya Terlalu Mepet/Berdekatan

Spasi atau jarak antar paragraf dalam sebuah tulisan sebaiknya jangan terlalu mepet/berdekatan. Jika jaraknya terlalu mepet, akan membuat mata cepat lelah saat membaca. Dan jika mata cepat lelah, otomatis akan membuat orang jadi malas membaca tulisanmu lagi. Cobalah beri spasi/jarak antar paragrafnya lebih jauh/lebar, biar tulisannya dibaca lebih enak dan menyenangkan buat mata.



#5. Banyak Typo/Kesalahan Ketik(Salah Tulis)

Terkadang karena menulis dengan terburu-buru, kamu lupa untuk mengedit/mengoreksi tulisanmu terlebih dulu. Setelah tulisan selesai ditulis, langsung kamu publikasikan ke blog/media sosial. Sehingga ketika dibaca, ternyata masih banyak typo/kesalahan ketik dalam penulisannya.

Kalau cuma satu atau dua typo dalam sebuah tulisan, itu masih bisa ditolerir/dimaklumi oleh pembaca, Tapi jika tulisanmu banyak sekali typo dan itu juga sering kamu ulang terus dalam tulisanmu, maka sudah pasti orang akan malas membaca tulisanmu. Karena jelas sangat menganggu ketika mereka sedang membaca tulisanmu itu.



#6. Terlalu Banyak Singkatan Yang Tidak Penting

Menulis SMS itu beda dengan menulis artikel, janganlah kamu biasakan menulis artikel itu sama seperti saat kamu menulis SMS yang banyak sekali singkatannya. Bolehlah kamu menulis singkatan-singkatan yang sudah umum, seperti tulisan “SMS” ini. Menulis disingkat-singkat juga akan membuat orang jadi bingung saat membaca tulisanmu. Apalagi kalau tulisanmu ditambah dengan tulisan “alay”(baca : huruf dan angka digabung-gabung gak jelas artinya) yang hanya membikin pusing kepala yang membacanya.



#7. Tulisannya Terlalu Panjang dan Bertele-Tele

Sebuah tulisan sebaiknya jangan terlalu pendek dan jangan juga terlalu panjang. Kalau terlalu pendek, akan kurang lengkap dan kurang akurat penjelasannya. Dan kalau tulisannya terlalu panjang akan membuat orang jadi cepat bosan saat membacanya. Apalagi kalau tulisannya panjang bertele-tele ,tapi gak ada isinya. Isinya cuma “sampah” dan bikin orang malas membacanya.



Nah itulah 7 alasan yang sering membuat orang lain jadi malas membaca tulisanmu. Karena sekarang kamu sudah tau alasan-alasan yang sering membuat orang lain malas membaca tulisanmu, maka nya mulai hari ini juga perbaikilah “cara menulismu” menjadi lebih baik dan benar. Itu agar nantinya orang lain tidak lagi malas membaca tulisanmu. Tapi menjadi semangat dan ketagihan saat membaca tulisan-tulisanmu. 


  
*Salam #VirusMenulis 


*Selamat menulis 



Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Kamis 10 Desember 2015, Jam 23.33 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...