Minggu, 10 Januari 2016

3 Sebab Yang Membuat Kamu Sulit Menulis #10


Dalam dunia tulis menulis, dari dulu sampai sekarang, pasti akan selalu saja ada pertanyaan : “menulis itu mudah atau sulit?”. Sebenarnya menulis itu bisa mudah dan bisa juga menjadi sulit. Menulis akan menjadi mudah, kalau kamu berpikir bahwa menulis itu mudah dan kamu juga rajin praktek menulis setiap hari. Tapi kalau kamu selalu berpikiran bahwa menulis itu sulit dan kamu juga malas untuk mulai praktek menulis, maka sampai kapanpun, pastinya kamu tak akan bisa menulis-menulis.


Kalau kamu hari ini belum juga bisa menulis, maka pasti ada yang salah dengan mindset/pola pikirmu selama ini. Untuk bisa menulis dengan mudah dan lancar, maka yang sekarang harus kamu lakukan adalah ubahlah mindset negatif kamu menjadi mindset positif. Apa saja mindset negatif dalam menulis? Yuk baca saja tulisan dibawah ini :


#1. Kamu Selalu Berpikir Bahwa Menulis Itu Sulit

Mindset/pola pikir kamu akan sangat menentukan dengan hal yang ingin kamu lakukan saat ini. Artinya adalah kalau kamu selalu berpikir sulit, maka semuanya akan menjadi sulit. Belum apa-apa kamu sudah berpikir bahwa menulis itu sulit, maka selanjutnya pasti akan ada saja alasan kamu untuk tidak menulis. Kamu akan selalu mencari pembenaran diri untuk menutupi kemalasanmu menulis. 


Inilah sedikit contoh dari mindset/pola pikir negatif dalam menulis : “Saya gak bisa menulis, menulis itu sulit, menulis itu susah, saya gak punya bakat menulis, saya gak punya ide tulisan, saya bodoh dalam merangkai kata, menulis itu bikin kepala saya pusing, menulis itu hanya buat orang pintar saja” dll.



 #2. Kamu Kebanyakan Mengeluh dan Kebanyakan Alasan

Selain mindset/pola pikir kamu yang salah, sebab kamu sulit menulis sampai sekarang adalah karena kamu sering banget mengeluh dan banyak alasan untuk praktek menulis. Setiap hari kamu mengeluh tidak ada habisnya, bahkan setiap hari kamu bisa mengeluh sampai 3 x dalam sehari. Ingatlah, mengeluh itu tidak akan pernah menyelesaikan masalahmu, tapi justru akan menambah satu masalah lagi dalam kehidupanmu. Berhentilah mengeluh sekarang juga!


Contoh keluhan dan alasan dalam hal menulis : “saya sih pengin menulis, tapi saya sibuk bekerja”, “Saya sibuk banget, saya gak ada waktu menulis”, “saya gak punya komputer/laptop buat menulis”, “badan saya capek banget, saya malas menulis”, “saya gak bisa mengetik 10 jari”, “saya gak bisa bikin blog”, dll.



#3. Kamu Sering Banget Menunda-Nunda Menulis

Menulis hanya akan menjadi mudah dan lancar, jika kamu terbiasa untuk praktek menulis setiap hari. Orang yang punya impian jadi penulis, tapi dia malas menulis, maka sampai kapanpun, dia akan sulit untuk menulis. Malas menulis biasanya terjadi karena kamu sering banget menunda-nunda untuk menulis. Ingatlah, jika kamu menunda menulis dihari ini, maka besoknya pasti kamu akan semakin malas untuk menulis.

*Menulislah sekarang juga!


~ Selamat Menulis~ J

Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Minggu 10 Januari 2016, Jam 23.35 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...