Minggu, 13 Maret 2016

Kebaikan Itu Sederhana (Hari ke #28 - #30DWC Jilid 2) - #73


Berbuat kebaikan itu tak harus dengan uang yang banyak, tanpa uangpun kamu bisa berbuat kebaikan yang bermanfaat kepada orang lain. Seringkali kita ingin berbuat kebaikan, tapi sayang cuma dalam angan-angan saja (baca : pikiran). Kita terlalu banyak mikir dan banyak pertimbangan ini dan itu. Sehingga kita terus menunda-nunda untuk berbuat kebaikan.


Mau sampai kapan kamu menunda-nunda berbuat kebaikan?  Apakah kamu punya jaminan 100% bahwa besok pagi kamu masih hidup?


Berbuat kebaikan itu jangan di tunda-tunda terus. Jangan menunggu besok, minggu depan, bulan depan ataupun tahun depan. Karena kita tak akan pernah tau, apakah kita besok masih diberi kesempatan hidup oleh Tuhan yang maha Esa atau malah besok kita sudah dijemput sang malaikat maut(baca : mati).


Apa yang bisa kamu lakukan sekarang, maka lakukanlah sekarang juga. Berbuat kebaikan tak perlu dengan hal-hal yang hebat atau luar biasa. Berbuat kebaikan bisa kamu lakukan secara sederhana. Karena memang “kebaikan itu sederhana”, yaitu sesederhana kamu membaca tulisan ini, kemudian men-share/membagikan tulisan di blog ini kepada teman-teman kamu di dunia maya.   


Di hari ini, saya juga akan share/membagikan 3 contoh kebaikan yang sederhana dan bermanfaat. Kebaikan ini bisa langsung kamu praktikan dengan cara yang mudah dan sederhana. Oke, inilah 3 contoh kebaikan yang sederhana :


#1. Menolong Orang Lain

Kebaikan sederhana yang pertama adalah menolong orang lain, menolong orang lain tak perlu harus orang yang sudah kamu kenal. Kamu juga bisa menolong orang lain yang belum kamu kenal. Kaya atau miskin, ganteng/cantik atau jelek, bos atau karyawan/kuli, orang tua atau anak-anak, semuanya tidak boleh dibeda-bedakan. Semuanya sama saja, menolong ya menolong saja. Tak usah banyak pertimbangan ini dan itu.


Menolong orang lain tak harus memakai uang, menolong dengan tenaga, ilmu, tulisan atau ucapan saja juga sudah cukup. Contohnya adalah menolong orang tua/anak anak/orang buta menyeberang jalan raya, menolong orang yang jatuh, memberitaukan rute jalan kepada orang yang tersesat, mendorong mobil orang lain yang sedang mogok, mempersilakan duduk kepada ibu hamil/orang tua yang tidak kebagian tempat duduk di kendaraan umum dll


Kamu juga bisa berbuat kebaikan kepada diri sendiri, contohnya adalah membuang sampah pada tempat sampah, mematikan kran air di kamar mandi yang sudah tidak digunakan , mematikan lampu di siang hari, memindahkan batu/kerikil dijalan raya, berhenti ketika lampu merah(saat kamu berkendaraan), tertib antrian, berolahraga agar tubuhmu tetap sehat, menjaga pola makan dan minum, berpikir positif  dll



#2. Menolong Binatang

Selain menolong orang lain, kamu juga bisa berbuat kebaikan yang sederhana dengan menolong binatang/hewan. Binatang itu juga makhluk Tuhan yang perlu di tolong ketika sedang dalam kesulitan/masalah. Contoh nya adalah menolong binatang anjing atau kucing yang sedang tercebur di sungai, menolong semut yang tercebur di bak mandi atau gelas, menolong binatang yang sedang kelaparan dijalan dengan memberi makan dan minum, menolong anak burung yang terjatuh dari sarangnya, menolong anak ayam yang sedang mencari induknya dll.



#3. Menolong Alam (Tumbuh-tumbuhan, tanah, air, batu, gunung, dll)

Menolong orang lain sudah, menolong binatang sudah, selanjutnya adalah kebaikan sederhana dengan menolong alam yang kita huni selama ini. Contohnya adalah menyiram tumbuhan yang kekeringan air, menjaga sungai dari kotoran sampah(baca : jangan membuang sampah di sungai), menjaga tanah pegunungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, mencabut paku-paku pada pohon dijalan raya, dll.


*Tolonglah orang lain, tolonglah binatang, tolonglah tumbuhan dan kemudian LUPAKAN!

Purbalingga, Minggu 13 Maret 2016, Jam 21.50 WIB 

*Sumber gambar => http://jalandamai.org/sebuah-kisah-sederhana.html




*Tonton video di bawah ini : 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...