Senin, 28 Maret 2016

3 Jurus Sederhana Menjadi Penulis #88


Menulis itu sulit? Atau menulis itu mudah? Ya semua orang boleh saja berbeda pendapatnya/pikirannya tentang menulis. Tapi, apapun pendapatmu/pikiranmu tentang menulis, maka itulah yang akan kamu dapatkan nantinya. Kalau kamu berpikir bahwa menulis itu sulit, maka kesulitanlah yang akan selalu kamu temui saat kamu menulis. Dan kalau kamu berpikir bahwa menulis itu mudah, maka kemudahanlah yang akan kamu temui saat kamu menulis.


Cara kerja pikiran manusia memang luar biasa, apa yang sering kita pikirkan sehari-hari, maka itulah yang akan kamu dapatkan. Maka nya sering-seringlah kamu berpikir positif, agar kehidupan kamu juga banyak positifnya (baca : kebaikannya). Begitupun juga saat kamu ingin menjadi seorang penulis, maka selalu pikirkanlah hal-hal positif tentang penulis. Biasakan juga untuk berpikir bahwa menulis itu mudah dan menyenangkan.


Oh ya, setelah saya hari kemarin menulis tentang “cara mudah dan cepat (GAGAL) jadi penulis”, hari ini saya akan menulis tentang tips menulis sederhana yang bisa kamu langsung praktikkan. Tips menulis ini adalah hasil dari praktik saya selama ini dalam hal tulis-menulis. Silakan langsung saja baca tips menulis sederhananya dibawah ini.


3 Jurus Sederhana Menjadi Penulis


#1. Banyak Membaca Buku

Membaca buku bagi seorang penulis adalah sudah merupakan “kebutuhan hidup”, seperti halnya manusia hidup membutuhkan makanan, maka seorang penulispun jika ingin tetap “hidup” maka ia harus membaca buku. Semakin sering dan banyak ia membaca buku, maka kosa kata dan perbendaharaan kata dalam tulisannyapun pasti akan semakin banyak.


Membaca buku haruslah setiap hari, yaitu membaca buku dengan hati senang dan bahagia. Tapi ingat, tidak semua buku harus kamu baca, bacalah hanya buku-buku yang berkualitas/bermutu dan bermanfaat bagi kehidupanmu. Bacalah hanya buku-buku yang inspiratif dan memotivasi diri kamu. Kamu juga sebaiknya membaca buku-buku “tentang menulis”, biar nanti kamu tau teori menulis yang benar dan baik. 


Oh ya, selain membaca buku, kamupun bisa juga membaca ebook , membaca blog(terutama blog ini), membaca alam, membaca kehidupan dll.   *Selamat membaca



#2. Praktik Menulis Sekarang Juga!

Setelah kamu banyak membaca buku-buku yang berkualitas dan membaca buku-buku “tentang menulis”, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus langsung “praktik menulis sekarang juga”. Sekali lagi , praktik menulis sekarang  juga, tidak pakai TAPI/banyak alasan dan juga tidak pakai NANTI/suka menunda-nunda.


Jangan kebanyakan mikir kalau kamu mau menulis, semakin kamu berpikir, malah justru membuat kamu semakin kesulitan untuk menulis. Kalau kamu mau menulis, ya menulis saja. Tidak perlu takut tulisanmu jelek dan tidak perlu khawatir tidak ada yang membaca tulisan kamu. Percayalah, setiap tulisan itu pasti ada pembacanya juga.  *Selamat praktik menulis......



#3. Menulislah Setiap Hari Tanpa Henti

Jika kamu ingin menjadi seorang yang ahli dibidang tertentu, maka kamu harus rajin belajar, tekun latihan dan praktik setiap hari. Begitupun juga jika kamu ingin menjadi seorang penulis, maka kamu juga harus rajin belajar menulis, tekun latihan menulis dan juga praktik menulis setiap hari. Ingatlah, pengulangan adalah ibu dari segala ilmu. Maka menulislah terus dan teruslah menulis setiap hari tanpa henti.


Bisa adalah karena terbiasa. Bisa menulis adalah karena terbiasa menulis. Bagaimana supaya terbiasa menulis? Caranya cuma satu yaitu “menulislah setiap hari tanpa henti”. Menulis setiap hari apa yang sedang kamu pikirkan dan apa yang sedang kamu rasakan saat ini. Menulis setiap hari apa yang kamu sukai/hobi kamu , apa yang kamu kuasai/keahlian kamu, dan apa yang kamu alami/pengalaman hidup kamu.       *Selamat menulis setiap hari......


*Tinggalkanlah jejak kehidupan kamu dengan menulis, menulis dengan hati senang dan bahagia. (Dani Kaizen)


Purbalingga, Senin 28 Maret 2016, Jam 21.52 WIB

*Sumber gambar => https://hidayatullailiah.wordpress.com/2015/09/02/7-jurus-menulis/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...