Selasa, 15 Maret 2016

Alhamdulillah, Akhirnya Selesai Juga (Hari ke #30 - #30DWC Jilid 2) - #75


“Apa sih yang sudah selesai?”  *Kamu mau tau aja, atau mau tau bangeeet?  Hehehe.... Yups, hari ini adalah hari terakhir/hari ke #30 saya mengikuti #30DWC(30 Day Writing Challenge), yaitu tantangan menulis selama #30 hari tanpa henti. Tantangan menulis ini di mulai tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 15 Maret 2016. Oh ya, untuk kamu ketahui, bahwa  tantangan menulis #30DWC ini adalah keikut sertaan saya yang kedua kali. Kalau kamu mau baca tulisan-tulisan saya saat  #30DWC jilid 1, silakan klik saja link ini => http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/2015/10/30dwc-30-day-writing-challenge-1-hari.html


Mungkin bagi orang-orang yang sudah terbiasa menulis(penulis senior), menulis setiap hari selama #30 hari tanpa henti bukanlah apa-apa dan bahkan merupakan hal yang biasa saja. Tapi bagi saya(penulis pemula), menulis setiap hari selama #30 hari tanpa henti adalah  suatu pencapaian yang sangat membuat hati saya bahagia banget dan juga merupakan hal yang luar biasa.


Mengapa saya bahagia? Karena saya bisa sukses menyelesaikan tantangan menulis ini sampai hari terakhir/hari ke #30. Mengapa merupakan hal yang luar biasa? Karena bagi saya, konsisten untuk menulis setiap hari tidaklah semua orang bisa melakukannya. Kalau kamu tak percaya, coba saja sendiri ya......hahahaa 


Untuk hari ini, saya akan share/bagikan tips agar kamu bisa sukses menyelesaikan tantangan menulis selama #30 hari tanpa henti. Tips menulis ini bukanlah hasil copas dari rumahnya Mbah Google, tips menulis ini adalah hasil pengalaman saya sendiri selama mengikuti #30DWC. Jadi kamu tak usah ragu untuk mempraktikkannya tips menulis ini, karena memang sudah teruji dan terbukti.  


*Kalau kamu masih belum percaya, ketik saja di google kata : “#30DWC “, “tips menulis”, “yuk menulis”, “menulis setiap hari”, “tips menulis setiap hari selama 30 hari tanpa henti”, “menulislah sekarang juga”......dan lihatlah hasilnya  pada halaman satu google.... 


Balik lagi ke laptop....eh salah ding.....balik lagi ke tips menulis yang diatas tadi. Sebenarnya tips “menulis setiap hari selama #30 hari tanpa henti’ ini adalah tips yang sangat sederhana sekali. Bahkan mungkin saja kamu pernah/sering baca tips menulis ini. Oke, tanpa banyak basa-basi lagi, inilah tips menulisnya :


#1. Niat Yang Kuat

Kenapa dengan niat? Karena dari niatlah, kita bisa tau bahwa seseorang itu menulis setiap hari, karena dari hati atau karena terpaksa/cuma ikut-ikutan temannya saja. Kalau kamu menulis setiap hari cuma di awal-awalnya saja “semangat menulis”nya, kemudian di hari berikutnya kamu malas menulis dengan berbagai alasan yang cuma sebagai pembenaran diri sendiri. Maka itu artinya kamu “niat menulis”nya lemah dan tidak sungguh-sungguh.


Sebaliknya, jika kamu punya niat yang kuat dan bersungguh-sungguh, maka pada saat menulispun, kamu akan selalu semangat dan tidak mudah putus asa/menyerah bila menemui hambatan dalam proses menulis setiap hari. Maka nya, milikilah niat yang kuat dalam hati dan pikiranmu, untuk bisa konsisten menulis setiap hari selama #30 hari tanpa henti.


#2. Menulis Dengan Bahagia

Bagaimana menulis dengan bahagia?  Mudah saja kok menulis dengan bahagia, yaitu menulislah apa-apa yang paling kamu sukai/hobi kamu, menulislah apa-apa yang paling kamu kuasai/keahlian kamu, dan menulislah apa-apa yang sudah pernah kamu alami/pengalaman hidup kamu. Oh ya, kamu juga bisa menulis hal-hal yang pernah kamu baca, bisa dari membaca buku ataupun juga membaca tulisan-tulisan di blog ini. 


Menulis apa yang paling kamu sukai, apa yang paling kamu kuasai dan apa yang sudah kamu alami. Itu pasti akan membuat kamu menulis dengan mudah dan lancar. Kalau kamu sudah mudah menulisnya, maka kamu tak akan pusing lagi memikirkan apa yang ingin di tulis di hari ini. Dan kalau menulisnya sudah lancar, maka menulis setiap hari selama #30 hari tanpa henti pasti bisa kamu selesaikan dengan tepat waktu.


#3. Disiplin Menulis Satu Hari Satu Artikel

Dalam menulis setiap hari selam #30 hari tanpa henti, “disiplin menulis” adalah hal yang sangat penting dan utama. Karena tanpa kedisiplinan menulis, maka kamu tak akan mungkin bisa sukses menyelesaikan tantangan menulisnya sampai hari terakhir/hari ke #30. Tanpa disiplin menulis, maka kamu pasti akan menyerah di tengah perjalanan dengan berbagai alasan.


Bagaimana cara disiplin menulisnya? Mudah saja kok, kamu tinggal menulis “satu hari, satu artikel”, Apapun yang terjadi kepadamu, kamu harus tetap menulis. Walaupun kamu merasa lelah sesudah bekerja/kuliah/sekolah, maka kamu harus bisa meluangkan waktu selama 1-2 jam untuk menulis 1-2 halaman saja. Kamu bisa menulis di pagi hari sesudah sholat subuh(bagi muslim), atau menulis di malam hari sebelum tidur.


Tulisanmu pun tak perlu panjang-panjang, minimal 3 paragraf saja itu sudah cukup dijadikan satu artikel. Oh ya, satu hal yang harus kamu ingat, janganlah kamu “suka menunda-nunda menulis”, karena semakin kamu menunda –nunda menulis di hari ini, maka saya yakin,  pasti kamu besoknya akan semakin malas menulis lagi. Karena besoknya kamu harus menulis doble/dua kali, menulis tulisan yang hari kemarin belum kamu tulis dan juga menulis tulisan hari ini.



*Intinya sih adalah “menulislah sekarang juga, gak pakai TAPI/banyak alasan dan juga gak pakai NANTI/suka menunda-nunda”.


**Janganlah kamu menunggu waktu luang untuk mulai menulis, tapi luangkanlah waktumu sekarang juga untuk menulis.


***Selamat menulis.......



Purbalingga, Selasa 15 Maret 2016, Jam 13.20 WIB 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...