Sabtu, 27 Februari 2016

Masih Juga Bingung Menulis? (Hari ke #13 - #30DWC Jilid 2) - #58


Namanya juga manusia, kadang merasa bingung juga dalam kehidupan didunia ini. Tak usah risau dengan yang namanya bingung, tak perlu dihindari, apalagi sampai dihilangkan. Yang paling bagus adalah terimalah dulu rasa bingung tersebut, kemudian baru cari jalan keluarnya. Begitupun juga ketika kamu dihari ini masih bingung menulis? Mau menulis rasanya bingung banget, tidak tau apa yang mau ditulis? Dan akhirnya malah jadi tidak menulis.


Bagaimana sih cara mengatasi bingung menulis? bagaimana sih agar bisa menulis dengan mudah dan lancar?  *kamu mau tau? Atau mau tau banget??? Hahahahaaa.......


Cara mengatasi bingung menulis sebenarnya mudah, namun selama ini kamu tak menyadarinya. Maksudnya gimana mas? Gini maksudnya, bingung menulis itu biasanya disebabkan karena kamu tak punya ide tulisan yang ingin ditulis. Atau disebabkan karena kamu malas menulis, dan bisa juga karena kamu sudah bosan menulis. Nah, intinya adalah cari dulu sebab kamu bingung menulisnya, kalau sudah tau sebabnya, pasti kamu akan tidak bingung lagi dalam menulis.



Jika kamu tidak puya ide tulisan yang ingin ditulis, maka solusinya adalah “perbanyaklah membaca buku” (bisa juga membaca tulisan di blog ini). Dengan banyak membaca , maka otakmu akan terisi lagi stok ide tulisan. Membaca buku itu sangat penting bagi seorang penulis, orang yang suka membaca buku, pasti dia mempunyai persediaan stok ide tulisan yang banyak juga diotaknya. Penulis yang hebat adalah pembaca yang hebat juga. Artinya penulis itu wajib membaca buku.  *Apakah kamu sudah membaca buku dihari ini? 



Jika kamu dihari ini lagi malas banget menulis, maka solusinya adalah berhentilah dulu sebentar(kasih jeda).Saat kamu sedang tidak menulis, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini. Membaca novel, menonton film, mendengarkan musik, atau melakukan hal-hal yang paling kamu sukai/hobi kamu bersama teman-teman kamu. Dan ajaibnya adalah setelah kamu melakukan hal-hal diatas tadi, pikiran kamu jadi fresh lagi dan menulispun jadi lancar jaya alias mengalir.  *gak percaya? Buktikan sendiri saja ya......hehehe.....


Jika kamu sudah merasa bosan menulis, maka solusinya adalah “piknik.”, Taukah kamu, bahwa jika seseorang melakukan sesuatu yang sama terus menerus setiap hari, maka lama-kelamaan akan mengalami “titik jenuh” alias kebosanan. Begitupun juga ketika kamu menulis setiap hari tanpa henti, maka lama-kelamaan juga akan mengalami rasa bosan menulis. Pertama kali memang rasa malas menulis, kemudian selanjutnya adalah bosan menulis.


Kamu bosan menulis? Ayo segera keluar dari kamarmu, keluar dari rumahmu. Pergilah piknik melihat keindahan alam dikotamu yang indah. Jangan biarkan dirimu menjadi stress karena setiap hari dirumah terus. Sekaranglah saatnya kamu refresing melihat indahnya ciptaan Tuhan yang maha pencipta dengan melihat secara nyata, bukan cuma lewat tulisan, foto ataupun video.



Percayalah, sering piknik itu akan membuat pikiran dan hati kamu bahagia. Dan kalau hati kamu sudah bahagia, menulispun akan jadi mudah dan menyenangkan.  *masih tak percaya juga?   Ayoo buktikan sendiri dengan piknik....saran saya pikniklah bersama keluargamu atau teman-temanmu...... :-)


Tapi saya sudah tau sebabnya , kok masih juga bingung ya?


Kalau kamu sudah tau sebabnya dan masih bingung juga dalam menulis, itu artinya kamu memang “banyak alasan” dan “gampang banget menyerah”. Ingatlah, semakin kamu banyak alasan , maka pasti kamu akan semakin malas untuk menulis. Dan kalau kamu gampang menyerah , maka pasti kamu akan jadi seorang pecundang. Ayo semangatlah, selesaikan apa yang sudah kamu mulai, jangan berhenti ditengah perjalanan, menulislah sampai ke tujuanmu/finish.



"Janga bingung memikirkan apa yang ingin kamu tulis, tapi tulis saja apa yang sedang kamu pikirkan saat ini." (Dani Kaizen) 



*Tetap semangat menulis! 




Purbalingga, Sabtu 27 Februari 2016, Jam 21.44 WIB 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...