Rabu, 04 November 2015

Mengubah MindSet (#30DWC - Hari ke #15)


Apa itu mindset? Mengapa harus mengubah mindset? Menurut yang saya tau, makna mindset adalah pola pikir/cara berpikir seseorang terhadap sesuatu dalam kehidupannya. Dan mindset dalam diri seseorang itu biasanya sulit diubah, karena dia sudah merasa nyaman dengan cara berpikirnya selama ini.



Untuk mengubah mindset seseorang itu perlu waktu dan proses yang lama, tak bisa dilakukan secara instan/cepat. Banyak hal yang harus dilakukan seseorang jika dia ingin mengubah mindsetnya/pola pikirnya. Tapi tidak semua mindset itu harus diubah, sebaiknya yang diubah itu hanya mindset/pola pikir negatif yang tidak memberdayakan dan tidak bermanfaat didalam kehidupan kamu.


Contoh mindset/pola pikir negatif itu banyak sekali, tapi saya akan berikan contoh 3(tiga) saja. Yaitu mindset yang membuat hidupmu menjadi sulit untuk sukses dan bahagia. Dan anehnya, mindset ini mungkin ada pada dirimu sudah lama, tapi kamu enggan untuk mengubahnya. Karena kamu sudah merasa nyaman bersama mindset tersebut.


#1. Mindset Mental Gratisan

Ya ini adalah mindset/pola pikir yang banyak dialami oleh banyak orang. Kebanyakan orang itu suka hal-hal yang gratis alias tidak berbayar. Padahal sebenarnya mereka punya uang untuk membayarnya, tapi karena mindset mereka adalah “mental gratisan”, maka jadinya malas untuk membelinya.


Kalau kamu ingin hidupmu segera ber-ubah menjadi lebih baik, sukses dan juga bahagia. Maka segeralah ubah mindset “mental gratisan” kamu sekarang juga. Janganlah suka meminta gratisan(baca: tidak mau bayar), ketika kamu ada uangnya.


#2. Mindset Hobi  Berhutang

Hutang itu boleh saja kok, asal kamu bisa membayarnya. Hutang yang menjadi masalah adalah jika kamu hobi/suka banget berhutang kepada banyak orang. Apalagi kalau berhutang hanya untuk hidup sok kaya/gengsi. Mindset hobi berhutang itu akan membuat hidupmu tambah kacau, kepala sering pusing dan tidur jadi tidak nyenyak.


Sebaiknya kalau kamu ingin sesuatu, maka lebih baik bayar secara cash/tunai. Kalau kamu belum punya uangnya, maka menabunglah terlebih dulu. Dan lebih baik lagi adalah belilah hanya barang-barang yang dibutuhkan, bukan barang yang di-inginkan.



#3. Mindset Suka Menunda-Nunda

Orang yang suka menunda-nunda, hidupnya pasti akan jadi seorang pemalas. Mau mengerjakan apapun pasti banyak alasannya. Mereka pintar sekali mencari pembenaran untuk dirinya sendiri. Mindset menunda-nunda hanya akan membuat orang “malas untuk memulai”.


"Besok, nanti, entar, kapan-kapan, kalau ada waktu, kalau gak sibuk" dll......adalah kata-kata yang sering menjadi jawaban sipemalas tersebut. Padahal rumusnya adalah semakin ditunda-tunda suatu pekerjaan, maka pasti besoknya kamu akan semakin malas untuk mengerjakannya.


Yuk mulai hari ini, ubah mindset menunda-nunda dengan mindset “lakukan saja”, tidak perlu kebanyakan mikir dan banyak alasan. Apa yang kamu ingin kerjakan saat ini, maka kerjakanlah sekarang juga.



*Ingatlah, ketika mindset/pola pikir diubah, maka kehidupanmu juga akan ber-ubah. :-)



Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Rabu 4 November 2015, Jam 22.53 WIB






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...