Rabu, 11 November 2015

Kematian Adalah Bagian Penting Dari Kehidupan (#30DWC - Hari ke #22)


Mati atau kematian adalah ketakutan yang paling ditakuti oleh “kebanyakan” manusia. Karena mati itu adalah suatu kepastian yang paling pasti di dunia ini. Semua makhluk yang hidup di dunia pasti akan mengalami mati. Dan siapapun dia orangnya, orang beragama atau ateis, orang beriman atau kafir, semuanya pasti akan mengalami mati. Tak ada yang bisa mengelak dari kematian, walaupun dia seorang Nabi, akhirnya pasti mati juga.



Sebenarnya manusia itu bukan takut kepada mati/kematian, tapi yang benar adalah manusia itu takut “berhadapan dengan kematian”. Takut kepada kematian artinya dia memang merasakan takut mati, tapi dia belum tau kapan dia akan mati. Sedangkan arti dari “berhadapan dengan kematian” adalah kamu benar-benar merasakan takut mati, dan kamu sudah tau sebentar lagi akan mati. Contohnya adalah saat kamu sakit parah(misalnya sakit kanker stadium 4), dan Dokter memvonis umur kamu cuma tinggal satu bulan saja.


Berhadapan dengan kematian juga bisa terjadi saat kamu sedang naik pesawat terbang dan terjadi kerusakan pada pesawat terbangnya. Kemudian pesawat itu tak bisa dikendalikan lagi oleh pilotnya, meluncur jatuh kebumi dengan sangat cepat. Contohnya lagi adalah saat kamu naik kapal laut dan kapalnya ada kebocoran yang besar karena menabrak sesuatu dilaut. Lama kelamaan kapalnya itu karam dan jadi tenggelam kedalam laut. Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya


Sudah banyak buku2 tentang kematian yang saya baca, tapi justru saya mendapatkan kata –kata yang inspiratif dan mencerahkan “tentang makna kematian” itu dari sebuah komik/manga. Komik itu judulnya BUDDHA karya Osamu Tezuka. Komik ini terdiri dari 8 jilid, isi komik ini adalah menceritakan kelahiran sampai kematian sang Buddha (Siddharta Gautama).  


Ketika seseorang tua dan mati, yang lain lahir dan mengambil alih tempatnya. Pergantian hidup dan mati memang diperlukan. Kematian akan menyebabkan kehidupan terus berlanjut. Dan kematian adalah bagian penting dari kehidupan. Janganlah terus bersedih, semua orang pasti mati, juga aku. Kematian memang tak mungkin ter-elakkan.


Semua kehidupan itu mirip proses ulat menjadi kupu-kupu. Manusia mengira mereka bakal hidup sangat lama. Kenyataannya, hidup kita sangat pendek sekali. Bayangkanlah, kematian itu sebagai saat ketika jiwa kita merangkak keluar dari kepompong raga kita dan terbang bebas.


Karena itu tak ada alasan untuk takut mati. Kematian itu cuma saat kita keluar dari dunia ini. Dan masuk ke dunia lain yaitu dunia yang lebih indah.  (Sumber : Komik Buddha jilid ke 8, karya Osamu Tezuka)  *kalau ada kata2 yg salah, mohon dikoreksi ya.......


Tapi kalau kamu masih takut mati/kematian, baca tulisan keren ini => http://romodewa.net/sembuh-dari-takut-mati-kematian/



Oh ya, karena waktunya sudah hampir jam 12 malam(waktu habis), maka saya cukupkan dulu tulisannya sampai disini. Mungkin lain waktu saya lanjutkan tulisannya yaitu tentang “Kematian Mengajari Kita Makna Kehidupan."



*Pesan moralnya adalah nikmati waktumu yang masih tersisa dan hargai waktumu yang masih ada. Manfaatkanlah waktu hidupmu dihari ini dengan sebaik mungkin, gunakanlah untuk hal-hal kebaikan dan berbagi kebahagiaan. :-)



Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Rabu 11 November 2015, Jam 23.34 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...