Jumat, 30 Desember 2016

7 Hal Yang Berlebihan, Namun Sering Tidak Kamu Sadari (Hari ke #30 - #30DWCJilid3)


Taukah kamu, apapun di dunia ini yang berlebihan, pasti akhirnya akan buruk dan merugikan. Begitupun juga saat kamu mengerjakan sesuatu, kalau kamu mengerjakannya secara berlebihan, maka hasil akhirnya pasti akan tidak baik untuk tubuh dan kehidupanmu nantinya. Contohnya adalah berlebihan dalam berolahraga. Jika kamu berolahraga secara berlebihan , maka tubuh kamu malah jadi kelelahan dan akhirnya jatuh sakit.



Terkadang kamu merasa mengerjakannya biasa saja, namun yang sebenarnya kamu mengerjakannya secara berlebihan. Kamu baru sadar, ketika tubuhmu mulai ambruk dan jatuh sakit. Apa saja sih yang sering kamu mengerjakannya secara berlebihan, namun seringnya kamu tidak menyadarinya? Banyak sekali contohnya, namun di hari ini, saya akan share/bagikan 7 hal saja. Apa saja itu?


Inilah 7 Hal Yang Berlebihan, Namun Seringnya kamu tidak menyadarinya :


#1. Berlebihan Beragama dan Beribadah

Berlebihan dalam beragama? Maksudnya gimana ya?......Begini, Orang yang berlebihan beragama maksudnya adalah orang yang terlalu fanatik kepada agamanya sendiri. Mereka beragama merasa paling benar sendiri, agama orang lain yang berbeda dengan dirinya itu salah semuanya,. Mereka merasa agamanya paling baik, sehingga suka banget menyesatkan agama orang lain.


Beribadah itu memang baik dan sangat dianjurkan dalam agama, bahkan wajib hukumnya. Tapi kalau kamu melakukan ibadah secara berlebihan, maka itu tidak akan baik hasilnya, dan juga hanya akan menyulitkan dirimu sendiri saja. Contohnya kamu beribadah di masjid(sholat, membaca Al-Qur’an, dzikir) dengan waktu yang sangat lama dan panjang. Sehingga kamu melupakan kewajiban bekerja mencari nafkah untuk anak dan istrimu di rumah.



#2. Berlebihan Makan dan Minum

Yang namanya orang hidup, ya pasti perlu makan dan minum. Kalau makan dan minumnya masih wajar sih gak apa-apa. Tapi ketika kamu makan dan minumnya secara berlebihan, maka itu akan membuat tubuhmu menjadi gampang terkena penyakit dan “bonusnya” tubuh kamu menjadi gendut dan gak enak dilihat. Oleh karena itu, makan dan minumlah sewajarnya saja, jangan makan/minum secara berlebihan, agar tubuhmu terjaga kesehatannya.



#3. Berlebihan Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Dengan berolahraga secara benar dan teratur, maka tubuh kamu akan sehat dan tidak mudah sakit. Tapi jika kamu berolahraga secara berlebihan, misalnya berolahraga setiap hari dengan porsi waktu yang lama. Maka lama-kelamaan tubuhmu akan sangat kelelahan, dan akhirnya bisa ambruk dan jatuh sakit.  *Ingatlah, tubuhmu perlu istirahat untuk memulihkan stamina.....



#4. Berlebihan Bekerja

Dalam hidup di dunia ini, kamumemang harus bekerja, agar hidup kamu tidak menjadi beban untuk orang lain. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga, maka wajib hukumnya untuk bekerja menafkahi keluarga yang di rumah. Tapi kalau kamu bekerja secara berlebihan, bekerja dari hari senin sampai minggu, bahkan setiap malam lembur. Maka lama-kelamaan tubuhmu bisa ambruk dan jatuh sakit. Ingatlah, tubuhmu itu perlu istirahat, dan keluargamupun butuh kehadiran Ayahnya di rumah.



#5. Berlebihan Belajar

Dengan belajar, kamu akan menjadi pintar. Dengan belajar, kamupun akan mendapatkan ilmu yang baru. Tapi jika kamu hanya belajar saja (baca : Cuma teori saja), maka sampai kapanpun kamu hanya akan menjadi penghapal, bukan praktisi. Janganlah belajar secara berlebihan, apapun kamu pelajari teorinya, tapi kamu lupa untuk mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari.  *belajar itu memang penting, tapi mempraktikkannya lebih penting.......


#6. Berlebihan Membaca

Cara paling mudah belajar dan mempelajari suatu ilmu adalah dengan membaca, terutama membaca buku................



#7. Berlebihan Menggunakan Internet (terutama media sosial)



*bersambung...........



Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Jum’at  30 Desember 2016, Jam 21.50 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...