Kamis, 01 Desember 2016

7 Cara Paling Mudah dan Cepat Menjadi Seorang Penulis (Hari ke #1 - #30DWCJilid3)



Apakah kamu punya impian ingin menjadi seorang penulis? Atau kamu malah sampai saat ini belum berani juga untuk mulai praktik menulis? Banyak orang yang kepengin banget jadi penulis, tapi sayangnya mereka tidak tau cara yang mudah dan cepat untuk menjadi seorang penulis. Yups, hari ini saya akan berbagi tips dan trik yang mudah agar kamu cepat menjadi seorang penulis.  *baca terus sampai akhir ya....




Sebenarnya menulis itu mudah, tidak sesulit yang kamu pikirkan selama ini. Karena menulis itu adalah pelajaran dasar yang sudah diajarkan sejak kamu kelas satu SD (Sekolah Dasar). Kalau ada yang bilang menulis itu sulit, mungkin karena memang dia cuma omdo/omong doang  alias dia gak pernah berani memulai untuk praktik menulis. Atau mungkin juga karena dia kebanyakan mikir dan kebanyakan alasan, jadinya sampai saat ini dia gak juga praktik menulis-menulis.


Oke, gak usah panjang kali lebar sama dengan luas, dan juga gak perlu basa-basi lagi. Yuk sekarang juga, kamu baca tips dan trik belajar menulis dan menjadi seorang penulis, di bawah ini :


7 Cara Paling Mudah dan Cepat Menjadi Seorang Penulis :


#1. Banyak Membaca Buku

Mengapa kamu harus banyak membaca buku? karena dengan membaca buku, maka perbendaharaan kata/kosa kata kamu akan lebih banyak. Semakin kamu banyak “tabungan” kosa kata di dalam pikiranmu, maka saat kamu praktik menulis akan menjadi lebih mudah dan lancar. Oh ya, dengan membaca buku, kamu juga akan mendapatkan banyak “ide tulisan” yang selama ini tak pernah kamu pikirkan.

*Ingatlah, apa yang sering kamu baca, maka itulah yang akan sering kamu tulis. Maka pilihlah sumber bacaanmu dengan baik dan benar. Agar nantinya tulisanmu juga menjadi baik, enak dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang.



#2. Mulailah Praktik Menulis Sekarang Juga!

Setelah banyak membaca buku, langkah selanjutnya adalah kamu harus berani “action” alias mulai praktik menulis. Yups, Kalau kamu mau mulai menulis, ya menulis saja. Gak usah kebanyakan mikir, karena semakin dipikir, malah nantinya jadi gak menulis-menulis. Berpikir seperlunya saja, jangan kebanyakan ya....hehehe. Dan kamu gak usah bingung memikirkan apa yang ingin kamu tulis, tapi tulis saja apa yang sedang kamu pikirkan saat ini.

*Waktu terbaik menulis adalah menulislah sekarang juga! tanpa TAPI(banyak alasan) dan juga tanpa NANTI(suka menunda-nunda).



#3. Menulislah Dengan Bebas

Apa sih yang harus saya tulis? Tulis saja sebebas-bebasnya, tulis, tulis dan tulis saja. Kamu gak perlu pusing  memikirkan tata bahasa/EYD yang rumit dan njelimet, menulis saja sesuka kamu. Kamu juga gak juga perlu bingung mau menulis apa? Tulis saja apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan saat ini.

*Cara paling mudah belajar menulis adalah menulis secara bebas, bebas menulis sesuka kamu. Gak perlu ikuti teori penulisan yang rumit, menulis saja dengan gaya menulis kamu sendiri.



#4. Menulislah Apa Yang Paling Kamu Sukai (hobi kamu)

Agar lebih mudah dan lancar lagi dalam menulis, maka menulislah apa yang paling kamu sukai/hobi kamu. Apapun hobi kamu saat ini(yang penting positif), maka tuliskan saja. Punya hobi makan, maka tulis saja tempat-tempat yang “recommended” buat makan. Punya hobi bermain gitar, maka tulis saja bagaimana cara praktis bermain gitar. Atau kamu punya hobi ngeblog, maka tulis saja tips dan trik ngeblog untuk pemula.

*Mengerjakan hobi adalah kebahagiaan, dan menuliskannya adalah kenikmatan. Selamat menuliskan hobimu......



#5. Menulislah Apa Yang Paling Kamu Kuasai(keahlian kamu)

Setiap orang mempunyai keahliannya masing-masing, dan pastinya kamu juga punya keahlian, kan?  Bagi kamu, keahlianmu mungkin biasa saja dan sederhana. Tapi bagi orang lain, mungkin saja malah terlihat hebat dan bermanfaat. Dan ketika kamu tuliskan keahlianmu , bisa saja ada orang yang justru ter-inspirasi dengan keahlianmu tersebut, saat mereka membaca tulisanmu itu.  

*Apapun yang kamu kuasai/keahlianmu saat ini, maka tulislah. Tulis saja sebebas dan sesuka kamu.



#6. Menulislah Apa Yang Sudah Kamu Alami (pengalaman hidup kamu)

Sebenarnya cara paling mudah belajar menulis adalah menulis apa yang sudah pernah kamu alami. Saat kamu menuliskannya pasti akan lancar jaya, karena menulisnya dari pengalamanmu sendiri, bukan kata orang. Kamu tinggal membuka memori di pikiranmu, dan segera menuliskannya.

*Apapun yang sudah pernah kamu alami dan itu menurutmu sangat berkesan. Maka tulislah, tulislah dengan hati yang senang dan bahagia.



#7. Menulislah Setiap Hari

Kalau kamu sudah mulai praktik menulis, maka langkah selanjutnya adalah rajin-rajinlah menulis. Menulis yang rajin itu maksudnya adalah menulislah setiap hari, gak perlu banyak-banyak deh, 1-2 halaman saja sudah cukup, waktu menulisnya juga cukup 1-2 jam saja.  Kenapa kamu harus menulis setiap hari? Karena semakin kamu rajin menulis setiap hari, maka lama-kelamaan secara otomatis tulisanmu juga akan semakin bagus dan enak dibaca.

*Penulis itu kerjaannya menulis dan menulisnya juga setiap hari, kalau menulisnya cuma satu bulan sekali itu namanya PEMALAS.....hahahaha :-)



Oke, sampai disini dulu ya....selamat menulis .....dan tunggu tulisan berikutnya dari saya....... *Salam #VirusMenulis J



Penulis : Dani Kaizen
Blog : http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/
Purbalingga, Kamis 1 Desember 2016 , Jam 21.48 WIB 


*Sumber Gambar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...