Jumat, 02 Februari 2018

Menulis Itu Sulit? #Day33



Apakah menulis itu sulit? Atau menulis itu mudah? Menurut saya, menulis akan menjadi sulit, jika kamu cuma banyak tanya, banyak mikir dan banyak alasan saja, tapi lupa praktik menulis. Ingatlah, yang namanya ilmu menulis itu adalah ilmu praktik, bukan ilmu teori. Memang sih teori menulis itu penting, tapi yang lebih penting lagi adalah praktik menulis. *ayo praktik menulis!


Sebanyak apapun kamu mengusai ilmu teori tentang teknik menulis, tapi kalau kamu tidak pernah praktik menulis, maka itu sama saja bohong. Ibaratnya kamu ingin belajar berenang, tapi kamu tidak pernah menceburkan diri ke kolam renang, maka sampai kapanpun juga kamu tidak akan pernah bisa berenang. Jadi, kalau kamu ingin bisa ilmu menulis, maka satu-satunya cara adalah mulailah praktik menulis sekarang juga.


Belajar menulis itu juga sama seperti kamu belajar naik sepeda. Yaitu harus dengan latihan, latihan dan latihan. Bagaimana latihannya? Ya harus dengan praktik, yaitu dengan menaiki sepeda tersebut. Pertama kali memang sulit, harus mengalami beberapa kali jatuh dahulu, kemudian bangkit lagi dan akhirnya lama-kelamaan kamu pun akan mahir bersepeda sendiri.


Begitupun juga dengan yang namanya belajar menulis, pada awalnya memang terasa sulit, tapi percayalah, lama-kelamaan juga akhirnya akan menjadi mudah menulis. Yups, menulis itu mudah, kalau kamu berani mulai praktik menulis sekarang juga. Menulislah saat ini juga, tanpa tapi/banyak alasan dan juga tanpa nanti/suka menunda-nunda menulis.  


Menulislah terus dan teruslah menulis, biasakanlah untuk menulis setiap hari. Yaitu menulis apa yang sedang kamu pikirkan dan kamu rasakan saat ini. Jika kamu bisa konsisten menulis setiap hari, maka lama –kelamaan nanti kamu jadi terbiasa menulis. Bahkan nanti kamu bisa “kecanduan menulis”.


Dan kalau kamu ingin tulisanmu lebih bagus dan enak dibaca, maka kamu harus banyak “membaca buku”. Dengan membaca buku, maka ilmu pengetahuan dan wawasanmu akan semakin bertambah. Ide tulisan juga akan mudah kamu dapatkan, jika kamu rajin membaca buku-buku yang berkualitas. *sudahkah kamu membaca buku di hari ini?


Intinya adalah menulis itu mudah. Kamu hanya tinggal praktik menulis saja. Jangan kebanyakan teori, teori menulis seperlunya saja. Karena yang paling penting adalah praktik menulis. *Ayo mulailah praktik menulis sekarang juga!



*Salam #VirusMenulis – Belajar menulis dengan praktik menulis.



Purbalingga, Jumat 02 Februari 2018, Jam 21.22 WIB  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...