Kamis, 01 Februari 2018

Bagaimana Caranya Menulis? #Day32



“Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh banyak calon penulis/penulis pemula saat mereka mau belajar menulis adalah : “Bagaimana caranya menulis?”  Ya, itu juga pertanyaan yang dulu pernah saya tanyakan ketika saya ingin belajar menulis dan menjadi seorang penulis. Waktu itu saya juga bingung, bagaimana sih cara menulis yang baik dan benar?  


#1. MULAI MENULIS SEKARANG JUGA

Pertanyaan : “bagaimana caranya menulis?”, ternyata mudah sekali jawabannya,  yaitu MULAILAH PRAKTIK MENULIS SEKARANG JUGA. Mulailah menulis saat ini juga, menulis apa yang sedang kamu PIKIRKAN dan kamu RASAKAN saat ini. Ingatlah, sebuah tulisan tak akan mungkin bisa “ada”, jika kamu tak juga berani untuk mulai praktik menulis.


Percayalah, menulis itu sebenarnya mudah. Seperti mudahnya saat kamu berbicara kepada teman-temanmu. Menulis akan menjadi sulit, jika kamu kebanyakan tanya, kebanyakan mikir dan kebanyakan alasan. Kebanyakan tanya, hanya akan membuat kamu semakin takut menulis. Kebanyakan mikir, hanya akan membuat kamu semakin malas menulis. Dan kebanyakan alasan, hanya akan membuat kamu suka banget menunda-nunda menulis.


Oh ya, saya punya tips menulis agar kamu semakin mudah menulis dan lancar menulisnya, yaitu : Menulislah apa yang paling kamu SUKAI/hobi kamu. Menulislah apa yang paling kamu KUASAI/keahlian kamu. Dan menulislah apa yang sudah kamu ALAMI/pengalaman hidup kamu.  *Ayo mulailah praktik menulis sekarang juga.



#2. BANYAK MEMBACA BUKU

Sesudah kamu berani mulai praktik menulis, maka langkah selanjutnya adalah perbanyaklah membaca buku. Mengapa banyak membaca buku? Yaitu agar tulisanmu nanti semakin bagus dan juga enak dibaca. Karena dengan banyak membaca buku, kamu akan mendapatkan “kosa kata/perbendaharaan kata” lebih banyak dan bervariasi.


Dengan rajin membaca buku, maka kamu juga akan memperoleh banyak “tabungan” ide tulisan yang nantinya bisa kamu eksekusi saat nanti menulis tulisan selanjutnya. Jadi jika hari ini kamu tak punya ide tulisan untuk kamu tulis, solusinya adalah membacalah buku.


Tapi ingat, tidak semua buku harus kamu baca. Bacalah hanya buku-buku yang berkualitas/bermutu  dan bermanfaat untuk kehidupanmu. Saran saya, bacalah buku setiap hari, jangan menunggu waktu luang untuk membaca buku, tapi luangkanlah waktumu sekarang juga untuk membaca buku.  *sudahkah kamu membaca buku di hari ini?



#3. MENULIS SETIAP HARI

Kamu sudah mulai praktik menulis dan sudah banyak membaca buku, maka langkah selanjutnya adalah MENULISLAH SETIAP HARI. Yups, menulislah setiap hari, menulis apa saja yang ingin kamu tulis. Tulis saja sesuka kamu, tulislah dengan bebas. Menulislah dengan “liar”, tulislah dengan gaya tulisanmu sendiri. Jangan suka meniru gaya tulisan orang lain(baca : meniru penulis favoritmu). Lebih baik jadilah diri sendiri dengan gaya tulisanmu sendiri.


Bagaimana menulis setiap hari? Ya tinggal tulis saja apa yang ingin kamu tulis. Apa yang kamu lihat, tulislah. Apa yang kamu dengar, tulislah. Apa yang kamu baca, tulislah. Apa yang kamu pikirkan, tulislah. Apa yang kamu rasakan, tulislah. Apa yang kamu alami, tulislah. Pokoknya tulis, tulis dan tulis saja.


Ingatlah, menulis itu bukanlah bakat. Menulis adalah keterampilan, dan yang namanya keterampilan menulis itu harus dilatih setiap hari. Karena semakin kamu rajin menulis setiap hari, maka otomatis tulisanmu nantinya akan lebih bagus dan juga enak dibaca.  *Sudahkah kamu menulis di hari ini?



“Tips menulis paling mudah adalah mulailah praktik menulis sekarang juga, perbanyak membaca buku dan menulislah setiap hari.” 
(Dani Kaizen)



*Salam #VirusMenulis – Belajar menulis dengan praktik menulis


Purbalingga, Kamis 01 Februari 2018, Jam 19.47 WIB 


*sumber gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...